Di
hari ketiga, memasuki bulan Ramadhan yang bersamaan dengan libur
panjang sekolah yang hampi selesai, saya mulai membuka buka kembali file yang
ada di note book. File yang tentu ada kaitannnya dengan pekerjaan saya nantinya
yaitu sebagai GURU , walaupun propesi ini sudah saya geluti sejak tahun
1985 sejak gadis sampai sekarang memiliki cucu, namun tetap
saja setiap tahun ada saja perbedaannnya dan ada saja persiapan yang harus saya
perbaiki dan saya tambahkan disana sini.
Saat saya membuka -buka file tentang
pembelajaran untuk menjadi bahan masukan saya mengajar di tahun 2013/2014
beberapa file menarik saya dan mengajak bernostalgia. FILE yang ada kaitannnya
dengan mereka SISWA -SISWAKU, Ada foto-foto saat proses pembelajaran
berlagsung, ada foto dari tugas -tugas yang mereka kerjakan, ada Vidio yang
mereka buat dengan hasil yang diluar dugaan saya, ada file makalah mereka yang
mereka kirim lewat email, ataupu power point. Ah semuanya
menghadirkan sebuah kerinduan dan dan rasa bangga, .bangga dari seorang guru
terhadap siswa- siswanya dan sayapun tidak menyesal GURU menjadi pilihan
Karir saya.
Selain File tugas -tugas mereka, ada pula file
lainnnya. File catatan harian saya tentang siswa-siswa yang
bermasalah.Kini catatan itupun mengajak ingatan saya mengembara ke
wajah wajah dari bebarapa siswa. Merekapun memiliki andil dalam karir saya.
Karena secara langsung maupun tidak langsung membentuk dan menjadikan saya
untuk lebih bijak dalam memahami sebuah kasus, dari merekalah saya
jadi banyak tahu tentang kehidupan dan menjadi pembelajaran hidup saya
namun catatan tentang ini biarlah menjadi milik saya dan siswa -siswa
yang bersangkutan.
- Tugas Perubahan Sosial dalam Bentuk ANIMASI
- Bentuk POWER POINT
- TUGAS MEMBUAT VIDIO ( dokumen bagian dari film dokumenter, Foto-foto tokoh, peristiwa bersejarah, dan suara monolog siswa yang menjelaskan dengan diberikan nuansa lagu lagu nasional digabungkankan menjadi sebuah VIDIO perjalanan sejarah bangsa Indinesia pada tahun 1945-1950
- Membuat TEKA TEKI SILANG untuk melatih daya ingat melalui pembuatan dan pertanyaan dalam bentuk TEKA TEKI SILANG
- Tugas Membuat PETA SEJARAH MEDAN MEDAN PD 2(PERANG DUNIA 2)
Tugas ini untuk mengakomodir gaya belajar VISUAL dan KINESTETIK
- Membuat PETA KONSEP dalam catatan ( mempraktekan Quantum Teaching membuat PETA PIKIRAN dengan mengako,modir gaya belajar siswa yang VISUAL melalui penggunaan warna warni dalam catatan mereka
![]() | |||||||