Hari pertama mengajar di awal Tahun Pelajaran. Jadwal saya ada di kelas 8 D dan kelas 8 F. Seperti halnya guru yang lain, pada awal pertemuan saya tidak langsung memberikan materi pembelajaran namun di isi dengan perkenalan dan mengenal terlebih dahulu siswa yang akan dididk.Kali ini saya merencanakan untuk mengetahui GAYA BELAJAR mereka.
GAYA
BELAJAR, materi ini saya ambil dari buku
yang saya jadikan referensi utama saya bagaimana saya mengajar di kelas.
QUANTUM TEACHING dan QUANTUM LEARNING karangan BOBBY de PORTER dan Dkk. Buku
ini sudah lama, namun saya begitu menyenangi dan selalu saya baca. Buku yang
betul betul aplikatif tidak sekedar teori.
Dengan
rencana itu saya masuki kelas 8D. Tatapan penuh rasa ingin tahu terpancar dari
wajah mereka. Karena memang di kelas tujuh saya tidak mengajar mereka. Setelah
berdoa bersama dan perkenalan, saya sampaikan kepada mereka bahwa pertemuan
pertama adalah meengenal GAYA BELAJAR dan KETERAMPILAN BELAJAR . Caranya dengan
menjawab kuisioner inilah kuisioner yang saya berikan pada mereka yang saya
sadur dari buku Bobby de Porter tersebut
LEMBAR
PENILAIAN VISUAL-AUDITORIAL-KINESTETIK-(V-A-K)
VISUAL
1. Tandailah
kotak yang sesuai untuk setiap pertanyaan. Jumlahkan nilai Anda untuk setiap
bagian. Kemudian buatlah grafik dari hasilnya.
No
|
Uraian Pertanyaan
|
Sering
|
Kadang kadang
|
Jarang
|
1
|
Apakah anda rapid
an teratur
|
|||
2
|
Apakah anda bicara
dengan cepat
|
|||
3
|
Apakah anda
perencana dan pengatur jangka panjang yang baik ?
|
|||
4
|
Apakah anda pengeja
yang baiukm dan dapatkah anda melihat kata-kata dalam pikiran anda ?
|
|||
5
|
Apakah anda lebih
ingat apa uang dilhat dari pada apa yang didengar ?
|
|||
6
|
Apakah anda
menghapal dengan asosiasi Visual ? ( Gambar )
|
|||
7
|
Apakah anda sulit
mengingat perintah lisan kecuali jika dituliskan, dan apakah anda sering
meminta orang mengulang ucapannnya ?
|
|||
8
|
Apakah anda suka
membaca dari pada dibacakan ?
|
|||
9
|
Apakah anda suka
mencoret coret selama menelpon atau menghadiri rapat ?
|
|||
10
|
Apakah anda lebih
suka melakukan demontrasi dari pada berpidato ?
|
|||
11
|
Apakah anda lebih
suka menyukai seni dari pada music ?
|
|||
12
|
Apakah anda tahu
apa yang harus dikatakan tetapi tidak terpikir kata kata yang tepat ?
|
|||
Sub Jumlah
|
x2
|
x1
|
x0
|
|
Total
|
AUDITORIAL
No
|
Uraian Pertanyaan
|
Sering
|
Kadang kadang
|
Jarang
|
1
|
Apakah anda
berbicara sendiri saat bekerja ?
|
|||
2
|
Apakah anda mudah
terganggu oleh keributan ?
|
|||
3
|
Apakah anda
mengerakkan bibir saat membaca ?
|
|||
4
|
Apakah anda suka
membaca keras keras dan senang mendengarkan ?
|
|||
5
|
Dapatkah anda
m,engulang dan menirukan nada perubahan dan warna suara
|
|||
6
|
Apakah anda merasa
menulis itu sulit tetapi pandai bercerita ?
|
|||
7
|
Apakah anda
berbicara dengan pola berirama ?
|
|||
8
|
Apakah menuerut
anda, anada pembicara yang fasih ?
|
|||
9
|
Apakah anda lebih
menuikai music dari pada seni ?
|
|||
10
|
Apakah anda belajar
dengan mendengar dan mengingat apa yang diduskusikan dari pada yang dilihat ?
|
|||
11
|
Apakah anda banyak
bicara, suka berdiskusi dan menjelaskan panjang lebar ?
|
|||
12
|
Apakah anda lebih
suka mengejka keras-keras fari pada menuliskannnya ?
|
|||
Sub Jumlah
|
x2
|
x1
|
x0
|
|
Total
|
KINESTETIK
No
|
Uraian Pertanyaan
|
Sering
|
Kadang kadang
|
Jarang
|
1
|
Apakah anda
berbicara dengan lambat
|
|||
2
|
Apakah anda m
enyentuh orang untuk mendapoatkan perhatiannnya ?
|
|||
3
|
Apakah anda berdiri
dekat dekat saat berbicara dengan seseorang ?
|
|||
4
|
Apakah anda
berorientasi pada fisik dan banyak bergerak ?
|
|||
5
|
Apakah anda belajar
dengan menipulasi da praktiki ?
|
|||
6
|
Apakah anda
menghapal dengan berjalan dan melihat ?
|
|||
7
|
Apakah anda
menggunakan jari untuk menunjuka saat membaca ?
|
|||
8
|
Apakah anda
menggunakan isyarat tubuh ?
|
|||
9
|
Apakah anda tak
bisa duduk tenang untuk waktu yang lama ?
|
|||
10
|
Apakah anda membuat
keputusan berdasarkan perasaan ?
|
|||
11
|
Apakah anda
mengetuk ngatuk pena , jari saat mendengarkan ?
|
|||
12
|
Apakah anda
meluangkan waktu untuk berolah raga dan kegiatan fisik lainnnya
|
|||
Sub Jumlah
|
x2
|
x1
|
x0
|
|
Total
|
Setelah
mereka menjawab dan menjumlahkan hasilnya,
ternyata jawaban antara gaya
VISUAL dan AUDITORIAL , gaya VISUAL sedikit melebihi jumlah GAYA AUDITORIAL. Artinya
adanya keseimbangan antara gaya-gaya tersebut. Dan tidak satupun siswa hasilnya
yang begitu mencolok dari salah satu gaya belajar. Pantas saja sebagai guru
kita di anjurkan menggunakan berbagai pendekatan belajar. Untuk mengakomodir
gaya belajar dari ketiganya.
Dari
hasil kuisioner itulah saya mulai menerangkan tentang GAYA BELAJAR sekaligus
KETERAMPILAN BELAJAR lainnya dan apa trik triknya dengan harapan muncul sebuah
motivasi untuk belajar lebih baik lagi. Yang kesemuannnya saya rangkum dari
buku QUANTUM TEACHING dan QUANTUM LEARNING. Inilah rangkumannya
Keterampilan
Belajar
1.
Tujuan
Pembinaan
·
Agar siswa mengatahui gaya
belajarnya
·
Agar siswa memiliki
keterampilan belajar di kelas
·
Agar siswa mengalami perubahan
dalam perestasi belajar
2.
Materi
Pembinaan
·
Gaya
Belajar ( Pertemuan 1 )
Gaya belajar ada 3 yaitu,
AUDITORIAL,VISUAL dan KINESTETIK
Gaya
Auditorial:
a. Biasanya
tidak suka mencatat oleh karena itu dorong mereka untuk merekam apa yang mereka
baca atau mereka dengar
b. Kadang
berbicara sendiri untuk menghapal
c. Membuat
lagu dari materi yang mereka pelajari dengan melodi yang sudah mereka kenal
d. Biarkan
mereka bicara sendiri dengan perlahan saat belajar
Contoh siswa Audotorial
SAAT PEMBELJARAN IPS TAHUN PELAJARAN 2011 KELAS 8c |
saling tanya jawab dari soal soal yang di kerjakan |
Gaya
Visual :
a. Dorong siswa membuat banyak gambar dan
symbol dalam catatannnya bisa
berupa grafik, table, atau pesta konsep.Dan beri warna warni pada catatannnya.
Biarkan mereka berekperimen dengan warna dalam catatnnya.
b. Gaya
ini biasanya belajar dari yang umum ke pada yang khusus sehingga peta konsep
cocok untuk mereka
Gaya Kinestetik
a. Siswa senang belajar berbentuk keterampilan , lakon, drama , mereka lebih suka belajar dengan
gerakan
b. Siswa biasanya belajar mengasosiasikan fakta dengan gerak
Contoh gambar siswa Kinestetik.