Jumat, 19 Juli 2013

MEREKA DAN GAYA BELAJARNYA



Hari pertama  mengajar di awal Tahun Pelajaran. Jadwal saya ada di kelas 8 D dan kelas 8 F. Seperti halnya guru yang lain, pada awal pertemuan saya tidak langsung memberikan materi pembelajaran namun di isi dengan perkenalan dan mengenal terlebih dahulu siswa yang akan dididk.Kali ini saya merencanakan untuk mengetahui GAYA BELAJAR mereka. 

GAYA BELAJAR,  materi ini saya ambil dari buku yang saya jadikan referensi utama saya bagaimana saya mengajar di kelas. QUANTUM TEACHING dan QUANTUM LEARNING karangan BOBBY de PORTER dan Dkk. Buku ini sudah lama, namun saya begitu menyenangi dan selalu saya baca. Buku yang betul betul aplikatif tidak sekedar teori.
Dengan rencana itu saya masuki kelas 8D. Tatapan penuh rasa ingin tahu terpancar dari wajah mereka. Karena memang di kelas tujuh saya tidak mengajar mereka. Setelah berdoa bersama dan  perkenalan,  saya sampaikan kepada mereka bahwa pertemuan pertama adalah meengenal GAYA BELAJAR dan KETERAMPILAN BELAJAR . Caranya dengan menjawab kuisioner inilah kuisioner yang saya berikan pada mereka yang saya sadur dari buku Bobby de Porter tersebut

LEMBAR PENILAIAN VISUAL-AUDITORIAL-KINESTETIK-(V-A-K)
VISUAL
1.    Tandailah kotak yang sesuai untuk setiap pertanyaan. Jumlahkan nilai Anda untuk setiap bagian. Kemudian buatlah grafik dari hasilnya.
No

Uraian Pertanyaan

Sering
Kadang kadang
Jarang
1
Apakah anda rapid an teratur



2
Apakah anda bicara dengan cepat



3
Apakah anda perencana dan pengatur jangka panjang yang baik ?



4
Apakah anda pengeja yang baiukm dan dapatkah anda melihat kata-kata dalam pikiran anda ?



5
Apakah anda lebih ingat apa uang dilhat dari pada apa yang didengar ?



6
Apakah anda menghapal dengan asosiasi Visual ? ( Gambar )



7
Apakah anda sulit mengingat perintah lisan kecuali jika dituliskan, dan apakah anda sering meminta orang mengulang ucapannnya ?



8
Apakah anda suka membaca dari pada dibacakan ?



9
Apakah anda suka mencoret coret selama menelpon atau menghadiri rapat ?



10
Apakah anda lebih suka melakukan demontrasi dari pada berpidato ?



11
Apakah anda lebih suka menyukai seni dari pada music ?



12
Apakah anda tahu apa yang harus dikatakan tetapi tidak terpikir kata kata yang tepat ?




Sub Jumlah
x2
x1
x0

Total




AUDITORIAL
No

Uraian Pertanyaan

Sering
Kadang kadang
Jarang
1
Apakah anda berbicara sendiri saat bekerja ?



2
Apakah anda mudah terganggu oleh keributan ?



3
Apakah anda mengerakkan bibir saat membaca ?



4
Apakah anda suka membaca keras keras dan senang mendengarkan ?



5
Dapatkah anda m,engulang dan menirukan nada perubahan dan warna suara



6
Apakah anda merasa menulis itu sulit tetapi pandai bercerita ?



7
Apakah anda berbicara dengan pola berirama ?



8
Apakah menuerut anda, anada pembicara yang fasih ?



9
Apakah anda lebih menuikai music dari pada seni ?



10
Apakah anda belajar dengan mendengar dan mengingat apa yang diduskusikan dari pada yang dilihat ?



11
Apakah anda banyak bicara, suka berdiskusi dan menjelaskan panjang lebar ?



12
Apakah anda lebih suka mengejka keras-keras fari pada menuliskannnya ?




Sub Jumlah
x2
x1
x0

Total




KINESTETIK
No

Uraian Pertanyaan

Sering
Kadang kadang
Jarang
1
Apakah anda berbicara dengan lambat



2
Apakah anda m enyentuh orang untuk mendapoatkan perhatiannnya ?



3
Apakah anda berdiri dekat dekat saat berbicara dengan seseorang ?



4
Apakah anda berorientasi pada fisik dan banyak bergerak ?



5
Apakah anda belajar dengan menipulasi da  praktiki ?



6
Apakah anda menghapal dengan berjalan dan melihat ?



7
Apakah anda menggunakan jari untuk menunjuka saat membaca ?



8
Apakah anda menggunakan isyarat tubuh ?



9
Apakah anda tak bisa duduk tenang untuk waktu yang lama ?



10
Apakah anda membuat keputusan berdasarkan perasaan ?



11
Apakah anda mengetuk ngatuk pena , jari saat mendengarkan ?



12
Apakah anda meluangkan waktu untuk berolah raga dan kegiatan fisik lainnnya




Sub Jumlah
x2
x1
x0

Total




Setelah mereka menjawab dan menjumlahkan hasilnya,  ternyata  jawaban antara gaya VISUAL dan AUDITORIAL , gaya VISUAL sedikit melebihi jumlah GAYA AUDITORIAL. Artinya adanya keseimbangan antara gaya-gaya tersebut. Dan tidak satupun siswa hasilnya yang begitu mencolok dari salah satu gaya belajar. Pantas saja sebagai guru kita di anjurkan menggunakan berbagai pendekatan belajar. Untuk mengakomodir gaya belajar dari ketiganya. 
Dari hasil kuisioner itulah saya mulai menerangkan tentang GAYA BELAJAR sekaligus KETERAMPILAN BELAJAR lainnya dan apa trik triknya dengan harapan muncul sebuah motivasi untuk belajar lebih baik lagi. Yang kesemuannnya saya rangkum dari buku QUANTUM TEACHING dan QUANTUM LEARNING. Inilah rangkumannya 

   Keterampilan Belajar
1.    Tujuan Pembinaan
·         Agar siswa mengatahui gaya belajarnya
·         Agar siswa memiliki keterampilan belajar di kelas
·         Agar siswa mengalami perubahan dalam perestasi belajar

2.    Materi   Pembinaan
·         Gaya Belajar ( Pertemuan 1 )
Gaya belajar ada 3 yaitu, AUDITORIAL,VISUAL dan  KINESTETIK



Gaya Auditorial:
a.    Biasanya tidak suka mencatat oleh karena itu dorong mereka untuk merekam apa yang mereka baca atau mereka dengar
b.    Kadang berbicara sendiri untuk menghapal
c.   Membuat lagu dari materi yang mereka pelajari dengan melodi yang sudah mereka kenal
d.    Biarkan mereka bicara sendiri dengan perlahan saat belajar
Contoh siswa Audotorial
SAAT PEMBELJARAN IPS TAHUN PELAJARAN 2011 KELAS 8c

saling tanya jawab  dari soal soal  yang di kerjakan 

Gaya Visual :
a.    Dorong siswa membuat banyak gambar dan symbol dalam catatannnya bisa berupa grafik, table, atau pesta konsep.Dan beri warna warni pada catatannnya. Biarkan mereka berekperimen dengan warna dalam catatnnya.
b.    Gaya ini biasanya belajar dari yang umum ke pada yang khusus sehingga peta konsep cocok untuk  mereka

Contoh catatannya;diambil dari catatan kelas 8 B tahun 2011/2012






Gaya Kinestetik
a.    Siswa senang belajar berbentuk keterampilan , lakon, drama , mereka lebih suka belajar dengan gerakan
b.    Siswa biasanya belajar  mengasosiasikan fakta dengan gerak
Contoh gambar siswa Kinestetik.