Sabtu, 11 Juni 2016

REVIEW BUKU KISAH HEBAT NABI MUHAMMAD SAW

Tulisan ini ikut sertakan dalam lomba blog Review Kisah Nabi Muhammad SAW

  • Judul : Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW
  • Penulis : Astri Damayanti
  • Penerbit : Qibla, Buana Ilmu Populer, Kelompok  Gramadia
  • Tahun Terbit : 2016
  • Tebal Buku : v+ 265 halaman 
  • ISBN : 978-602-394-139-1
Buku dengan judul "Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW", memperlihatkan kepiawaian penulisnya yang sudah tidak asing dalam hal penulisan. Terutama dalam penulisan buku anak. Penulis yang sehari-harinya sebagai ibu rumah tangga dan praktisi pendidikan serta memiliki  hobby jalan-jalan  dan menulis itu menunjukan,  betapa dunia tulis tentang anak adalah "santapannnya". sehingga gaya bahasa dan kata-katanya begitu sederhana dan singkat sesuia segmen yang menjadi sasarannnya. Anak-anak

. . 

Sebagai penulis, Astri Damayanti yang saya kenal menulis berbagai hal. Mulai dari panduan  bagaimana membuat pernak-pernik,catatan perjalanannya mengenai peninggalan-peninggalan budaya,  penulis buku cerita anak baik berupa cerita Fabel, cerita rakyat, dongeng sampai cerita dari manca negara. Kesemua rekam jejaknya dalam penulisan bisa kita lihat dari blog-blognya. Sehingga  akibat  rekam jejak dan pengalaman dalam penulisannnya,  Astri Damayantipun kerap dipanggil dalam membagi pengalamannnya. Tentu saja sekitar penulisan. 

Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW yang merupakan kumpulan dari 87 kisah ini,  diawali dengan kisah Nabi Muhammad dari sisi sebagai manusia yang memiliki rasa humor.yaitu melalui percakapan Nabi dengan seorang nenek yang bertanya apakah di Surga kelak ada nenenk-nenek. yang dijawab oleh Nabi tidak ada. sehingga nenek itu bersedih. kemudian berubah gembira setelah dijelaskan oleh Nabi bahwa   nanti nenek -nenek yang taat kelak bila disurga akan berubah menjadi muda lagi.

Pada halaman-halaman selanjutnya ada cerita mengenai hal-hal yang berkenaan dengan Aqidah semisal Pedang Datsur, laki-laki terbelenggu, Menteri Yang Cerdik,  Nabi Daniel dan Singa, dan kenudian di beberapa halaman lainnnya ada kisah  dari nabi selain Nabi Muhammad.Seperti, kisah Nabi Yusuf, Nabi Isa dan nabi-nabi lainnnya serta para sahabat Nabi. Oleh karena itu .memang buku ini tidak hanya berkisah tentang Kisah hebat Nabi Muhamamad saja,  namun kisah ajaib lainnnya. Oleh karena itu, Astri memberi juduk bukunya pun "Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah ajaib lainnnya".

Sebenarnya, buku ini berisi kisah-kisah yang sering kita jumpai di kisah 25 nabi. Namun,  dit tangan Astri Damayanti kisah itu menjadi begitu menarik dan menjadikan buku tersebut memiliki "kelas".Betapa tidak saya katakan buku ini "berkelas",  dari sampul bukunya yang berwarna-warni dan penuh dihiasi gambar. di dalamnya juga banyak menyajikan gambar dengan warna-warna menarik. Sehingga pembaca terutama anak-anak di bawa ke pada kekinian tampa melupakan bahwa cerita itu terjadi pada 15 abad yang lalu.


Buku  inipun menjadi bukti bahwa,  Astri Damayanti penulis yang juga sebagai praktisi pendidikan. Itu paham tentang dunia anak. Dunia yang lekat dengan binatang, lekat dengan warna,Dunia anak yang mayoritas masa perkembangan otak kanan. Hal  itu terlihat dari beberapa pemilihan cerita  yang banyak  menggunakan tokoh binatang. Saya hitung ada  sekitar kurang lebih  15 binatatang.yang menjadi pilihan ceritannya.

"Tanamkan Nilai-nilai melalui cerita atau Dongeng". Buku ini bisa menjadi sebuah sarana untuk itu. Anak yang membaca buku ini secara langsung mendapatkan pembelajaran mengenai nilai kejujuran, rendah hati, penyayang, suka memberi, kesabaran, serta nilai-nilai luhur lainnnya selain akidah mereka yang bertambah tentunya.

.Buku inipun ditulis dengan penuh rujukan langsung dari sumbernya. Karena penulis selalu mencantumkan Alquran sebagai sumbernya di setiap akhir tulisannnya. Selain Daftar Pustaka di halaman terakhir. yang tidak sedikit. Hal tersebut mencerminkan bahwa penulis penuh kesungguhan dalam menggarapnya, sehingga buku yang nanti ada di tangan buah hati kita bisa dipertanggung jawabkan akan isinya
.

Jujur saja, sebagai seorang pendidik dan beragama Islam. Saya begitu bangga dengan hadirnya buku ini. Buku yang dapat  menggambarkan Islam itu maju. Islam itu penuh dengan kemajuan tehnologi. Alasan saya mengutarakan hal ini. karena melihat wujud bukunya yang demikian indah,penuh warna dan penuh sentuhan-sentuhan kemajuan Ilmu Pengetahuan Tehnologi. Dalam hal ini tehnologi dalam penerbitan buku.Jadi kalau saya boleh mengulang pendapat saya di atas, buku ini "Berkelas"sehingga layak untuk menjadi salah satu buku yang mengisi perpustakaan. Baik perpustkaan keluarga ataupun perpustakaan sekolah.


"BUKU KISAH HEBAT NABI MUHAMMAD SAW BISA DIBELI DI MATAHARI MALL.COM"







5 komentar: