Selasa, 14 Mei 2013

Percakapan Saya dan Dia

Saat itu saya baru saja selesai  memberikan fokus IPS ( fokus,  semacam pengayaan di luar jam pelajaran untuk siswa yang berpotensi )ketika hujan d luar turun dengan derasnya. Kami, saya dan lima orang siswa tetap di ruangan kelas menunggu  hujan reda.Untuk mengisi waktu saya tanya ke salah seorang diantara mereka. Siswa yang kukenal sejak dia masih kelas 7. Dan saat kuberikan pengayaan dia ada di kelas 8, sedangkan saya mengajar di kelas 9. 

 Saya tanya dia " cita-citamu apa ? ".

 Pertanyaan ini sebenarnya biasa. dan saya kira dia akan menjawab sama seperti siswa lainnya, menyebutkan atau menjawab satu propesi. Dokter misalnya. Tetapi dugaan saya salah, ternyata pertanyaan saya dia jawab seperti orang menjelaskan visi dan misi panjang lebar. Dan saya terkejut dengan jawabannnya. jawaban yang membuat saya bangga sekaligus prihatin. Bangga ko ada siswa yang memiliki Imajinasi yang begitu tinggi. Prihatin karena dari jawabannnya terlihat di matanya dunia ini semua baik baik. padahal faktanya tidak demikian. Untuk lebih jelasnya saya akan tuliskan disini sebagian jawabannnya. Sebagian karena saya tidak mampu menulis semua apa yang dia paparkan. Dia seperti kran yang penuh airnya. begitu di buka krannya,  air itu keluar dengan derasnya.

" Bu kita berimajinasi ya”. Katanya memulai pembicaraan

"Cita -cita pertama saya adalah,  saya ingin menjadi Ilmuwan yang menciptakan mobil tampa Roda”

" Ari kamu  gimana ko mobil tampa roda " Tanya saya tidak mengerti 

"Iya bu energinya dari sel surya ditambah angin, dan gerak, kemudian saya juga akan menciptakan PLTS2GSG"

"Singkatan apa itu PLTS2SG" tanya saya jadi tambah penasaran menanggapi uraiannya.

"Itu singkatan Pembngkit lListrik Tenaga Surya Giga Gabungan Sampah Gelombang"

Dia terus menguraikan idenya itu. Dan dia katakan sudah ada di negara Swis dan Swedia,. dia menguraikan lebih lanjut bahwa sampah yang dibakar akan menghasilkan energi panas. yang nanti bisa menimbulkan listri. Dari pembakaran sampah itu lanjutnya,  akan menghasikan asap yang nanti akan mencemari lingkungan. Oleh  karena itu katanya lagi,  asap itu akan dia uraikan dengan reaksi kimia khusus. dengan berpatokan teori kekekalan energi, dimana kata dia lagi,  energi tidak bisa di musnahkan dan tidak bisa di buat tetapi diubah menjadi bentuk yang lain. 

"Yang kedua saya ingin jadi Presiden yang kaya dan membangun dengan uang sendiri " Katanya membuat saya jadi muncul sebuah kekhawatiran. dia sudah tidak realistis.

" Ko jadi presiden yang kaya emang dari mana uangnya " selidik saya

"Ih ibu, kan saya sudah jadi ilmuwan yang mampu menciptakan mobil, nah mobilnya saya jual. kan saya jadi kaya. nah karena saya kaya saya tidak akan berhutang ke negara lain, karena sekarangpun Indonesia hutangnya sudah besar, sudah mencapai 200 trilyun "

" Dari mana kamu tahu hutang Indonesia 200 trilyun " . Tanya saya penasaran

" Dari Metro TV  bu. Katanya entar benar atau tidak.

” Nanti kalau saya jadi presiden saya akan seprti Pak Harto yang mempunya PELITA tetapi bedanya saya bukan PELITA tetapi PESERTA"

" Apa itu PESERTA? " Tanya saya lagi

"PESERTA itu pembangunan serentak satu tahun , kemudian pembagunan serentak satu tahun itu saya akan mengusahakan tiap propinsi membangun 3 bandara Internasional.Tiap Propinsi juga memiliki bioperi yang panjangnya 50 km dan dalamnnya 100 km. . "

Dia terus menguraikan sementara saya semakin tidak paham jalan pikirannnya

"Ketiga saya akan buat PORT CITY di tiap kecamatan ". 

"Udah kamu  jadi asisten ibu aja ya ngajar, kamu mani lancar menjelaskan " Canda saya

" Ih ibu justru kelebihan saya adalah kekurangan saya. Kekurangan saya ya kelebihan saya. Hal ini menyebabkan perbedaan dengan orang lain. nah perbedaan ini menjadi pribadi  yang Unik. kata bu Ita  ( guru IPS di kelas 8) saya  pribadi yang unik. setiap orang juga pribadi yang unik. makanya dalam dalam berpikir ikuti seperti anak kecil " Katanya berfilsafat

" Artinya ? " tanya saya ingin tahu apa yang dia pikirkan 

"Iya kita harus kreatif seperti anak kecil, dibalik kenakalannya tersembunyi akalnya yang kreatif, bertindaklah seperti orang dewasa , orang dewasa biasanya bijaksana" 

" Gimana kalau orang dewasanya tidak bijaksana " Kata saya memotong, sementara dia berdiri didepan meja dimana saya duduk

“ Berarti dia belum dewasa, dia anak kecil, dan bertindaklah seperti orang tua yang sifat orang tua mengayomi, melindungi, menyayangi. "

"Nah saya ingin jadi presiden yang memilkii tiga sifat seperti itu, KREATIF, DEWASA, MENGAYOMI, MENYAYANGI dan MELINDUNGI rakyatnya. " Ujarnya. 

Entah dia tahu tidak perasaan  saya  saat itu,  yang penuh kekaguman namun sekaligus ada perasaan aneh saat itu. kekaguman ko ada anak usia kels 8 sudah lancar bicara dan memiliki wawasan seperti itu dan menurut saya begitu tinggi mimpinya. Walaupun sah sah saja orang bermimpi. Siapa tahu mimpi itu menjadi kenyataan. Bermimpilah Allah akan mewujudkannnya pada saat yang tepat. Begitu aku pernah baca ungkapan yang ditulis oleh seorang penulis sekaligus temanku saat SMP

" Kamu suka baca bukan ? " Tanya saya.

 saya jadi ingat.Saya ada memiliki buku yang bagus untuk bisa saya pinjamkan padanya. kemudian saya sebutkan satu persatu koleksi buku saya.

"Oh buku yang ibu sebutkan tadi ada da bu di toko langganan saya " Katanya sambil sedikit berjingkat gembira. 

" Memang toko buku langganan kamu dimana ?. Tanya saya penasaran.

"Itu bu di dekat terminal Cipanas, saya suka dua jam memilih buku di sana " 

Ketika dia mengatakan itu ingatan saya melayang keseorang ibu saat penerimaaan raport semester ganjil

" Ibu selamat ya anak ibu  juara 1 " Kata saya pada seorang wanita, yang merupakan ibu dari anak yang saya ceritakan  di tulisan ini

" Ya bu, tapi saya tidak kuat menahan keinginan bacanya, dia selalu meminta dibelikan buku bacaan. hoby membacanya begitu kuat" Kata wanita itu sambil keluar pintu gerbang. 

 Ucapan wanita itu kini terbukti lewat keterangannya  yang selalu mengunjungi toko buku di terminal Cipanas. Jujur saja saya saja tidak tahu kalau di terminal Cipanas ada toko buku. Yang saya tahu,  toko buku Salemba yang ada di Hiparmart Cianjur dan  sering saya kunjungi 

" Ibu punya banyak buku, buku pelajaran terutama ?" Tanyanya  mengejutkan lamunan saya. 

" Memang kamu senang baca buku apa ? " selidik saya

" Kalau novel saya kurang suka bu, kalau saya suka buku fiksi yang tidak tebal, dan saya lebih suka buku pelajaran. Ibu punya buku pelajaran pelajaran SMA?”. 

Jawaban yang berbanding terbalik dengan teman seusianya. Mereka kalau di tanya senang buku fiksi apa pelajaran, pasti jawabannnya Fiksi. 

" Kenapa kamu suka buku pelajaran SMA kan masih SMP ? " Tanya saya bukan menjawab pertanyaannya

" kalau menurut saya ya bu, kalau kita kelas 2 maka saya harus baca buku kelas 3, nah saya kan akan kelas 3 jadi yang saya  baca buku untuk SMA " katanya berteori.

" Harusnya dia  ikut Exelerasi ( Percepatan) ya bu " Tiba tiba salah seorang temannnya menimpali dan turut pembecaraan kami, yang tadinya mereka hanya  mendengarkan . 

Pembicaraan kami terhenti karena di luar hujan sudah reda. Kami pulang sementara otak saya penuh dengan pemikiran –pemikirannnya yang baru saja dia utaranakan. 

Cipanas, 4 Februari 2013


( Dan saat ini , saat  file tulisan ini saya masukan ke blog dia sedang bersiap-siap mengikuti lomba Olimpiade IPS di Batam, bukan  sebagai perwakilan Propinsi Jawa Barat, tetapi karena nilai OSN tingkat Propinsi dia masuk Passinggrade. Masuk 66 besar seluruh Indonesia. Jadi otomatis masuk OSN tingkat Nasional. Semoga harapan dan cita-  citanya Allah kabulkan. saya yakin Allah menyayanginya karena selain Cerdas IQ nya, dia juga memiliki kecerdasan  EQ dan SQ , Kecerdasan yang yang jarang dimiliki oleh kebanyakan siswa. Insya Allah 

saat  saya sedang mengedit tulisan ini, dia sudah mendapat harapannnya dalam ajang Olimpiade Nasional sebagai juara ke 3 dengan mendapat medali perunggu di OLIMPIADE TK NASIONAL BATAM untuk Mata pelajaran IPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar