Jumat, 16 Oktober 2015

MENCOBA MENYUSUN DAN MENERAPKAN SOAL SOAL HOTS

PROSES KOLONIALISME BARAT DI INDONESIA

1.      VOC merupakan sebuah perkumpulan pedagang pedagang Belanda, namun dalam  bertindak seperti layaknya satu negara. Coba kalian analisa mengapa hal tersebut bisa  terjadi.

2.      Coba kalian baca buku paket halaman 64-66 mengenai masa pemerintahan Herman Wilem Daendels. menurut kalian apakah benar Daendels itu kejam dan keras ? bila benar coba kalian uraikan kebijakan mana yang menunjukan  kekejaman Daendels tersebut ?

3.      Culture Stesel atau Tanam Paksa pada mulanya memiliki ketentuan yang bagus dan baik. Namun pada pelaksaannnya pada umumnya menyimpang jauh dan merugikan rakyat. Coba kalian analisa di mana penyimpangannnya  dengan mengisi tabel di bawah ini dan kemudian menurut pendapat kalian mengapa bisa terjadi penyelewengan ?
Aturan Tanam Paksa dan Penyelewengannnya
No
Aturan Semula
Penyelewengannya
1


2


3


4


5

``
6


7



4.      Dalam Aturan Tanam Paksa ada dua jenis tanaman yang menjadi sangat penting yaitu tebu dan nila.

5.      Mengapa kedua tanaman tanaman ini yang sangat penting ? coba kalian uraikan penyebabnya.


6.      Coba kalian kaji masa kolonialisme Barat dari masa VOC, Daendels, Rafles, dan Tanam Paksa. Dari keempat masa itu mana yang lebih tidak membuat rakyat Indonesia Menderita? Coba kalian buktikan jawaban kalian dengan menguraikan fakta fakta kebijakannnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar