Jumat, 12 Juli 2013

MENCOBA MENERAPKAN MODEL INQUIRI DALAM PEMBELAJARAN

Pengertian Model Pembelajaran  Inquiry
Berdasarkan pendapat  Kosasih Djahiri dalam bukunya Active Joyful And Effective Learning (AJEL) (2002:24) Model inquiri ini merupakan model yang mirip dengan metode pemecahan masalah perbedaannya adalah adanya langkah lanjutan.
Inquiry sendiri berarti menemukan. Pembelajaran berdasarkan inquri mendorong seluruh pikiran dan tubuh untuk bersama-sama aktif, baik didalam maupun diluar kelas. Guru harus selalu merancang kegiatan yang merujuk pada kegiatan menemukan, apapun meteri yang diajarkan (Materi Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi  IPS, Depdiknas, 2005) 
Dengan pengertian inqury diatas menunjukkan adanya faktor siswa yang sangat dominan dalam proses pembelajaran. Siswa tidak lagi bagaikan botol kosong yang siap untuk diisi tetapi siswa mengambil peran yang sangat dominan dan guru hanyalah sebagai fasilitator. Hal ini diharapkan siswa akan membentuk ilmu pengetahuannya sendiri dan diharapkan akan mudah memahaminya.
Metode Inqury pulalah yang merupakan salah satu dari tujuh komponen dari pendekatan kontekstual atau yang lebih dikenal dengan CTL, 
 
2.      Langkah- langkah kegiatan menemukan ( Inquiry )
a.       Merumuskan masalah, contohnya: bagaimanakah proses terjadinya angin muson barat ?
b.      Mengamati atau melakukan observasi : 
   Membaca buku sumber atau sumber lainnya untuk mendapatkan informasi pendukung. Mengamati dan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya dari sumber  atau obyek yang diamati
c. Menganalisi dan menyajikan hasil dalam tulisan, gambar laporan, bagan,       tabel dan karya lainnya.contohnya Siswa membuat kesimpulan proses terjadinya angin muson Barat Siswa membuat bagan proses terjadinya angin muson Barat
d.  Mengkomunikasikan atau menyajikan hasil karya pada pembaca, teman sekelas atau audiens, diantaranya melalui langkah-langkah sebagai berikut;
  •    Karya siswa disampaikan teman sekelas atau kepada orang banyak untuk  mendapat masukan
  •      Bertanya Dengan Teman
  •    Memunculkan ide- ide baru 
  •    Menempelkan gambar, karya tulis, peta dan sejenisnya di dinding kelas,      dinding sekolah, majalah dinding, majalah sekolah
f.     
g.   
 PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL INQUARY
 KD;  PROSES PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA 
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KELAS : 8 C

KETIKA PROSES UNTUK MENEMUKAN SEBUAH MASALAH

MEMBIMBING SAAT SISWA MENEMUKAN KESULITAN


SISWA SECARA BERKELOMPOK MELIHAT HASIL KELOMPOK SISWA LAINNNYA

MEMAJANGKAN HASIL DISKUSINYA UNTUK DIKETAHUI KELOMPOK LAINNNYA

MENELITI PEKERJAAN KELOMPOK LAINNNYA SAMBIL MENCATAT PENEMUAN MEREKA







































Tidak ada komentar:

Posting Komentar