Pengertian Model
Pembelajaran Inquiry
Berdasarkan pendapat
Kosasih Djahiri dalam bukunya Active
Joyful And Effective Learning
(AJEL) (2002:24) Model inquiri ini merupakan model yang mirip dengan metode
pemecahan masalah perbedaannya adalah adanya langkah lanjutan.
Inquiry sendiri
berarti menemukan. Pembelajaran berdasarkan inquri mendorong seluruh pikiran
dan tubuh untuk bersama-sama aktif, baik didalam maupun diluar kelas. Guru
harus selalu merancang kegiatan yang merujuk pada kegiatan menemukan, apapun
meteri yang diajarkan (Materi Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi IPS, Depdiknas, 2005)
Dengan pengertian inqury diatas menunjukkan adanya faktor siswa yang sangat dominan
dalam proses pembelajaran. Siswa tidak lagi bagaikan botol kosong yang siap
untuk diisi tetapi siswa mengambil peran yang sangat dominan dan guru hanyalah
sebagai fasilitator. Hal ini diharapkan siswa akan membentuk ilmu
pengetahuannya sendiri dan diharapkan akan mudah memahaminya.
2. Langkah-
langkah kegiatan menemukan ( Inquiry )
a. Merumuskan
masalah, contohnya: bagaimanakah proses terjadinya angin muson barat ?
b. Mengamati
atau melakukan observasi :
Membaca
buku sumber atau sumber lainnya untuk mendapatkan informasi pendukung. Mengamati
dan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya dari sumber atau obyek yang diamati
c. Menganalisi dan menyajikan hasil
dalam tulisan, gambar laporan, bagan,
tabel dan karya lainnya.contohnya Siswa membuat kesimpulan proses terjadinya
angin muson Barat Siswa membuat bagan proses terjadinya angin muson Barat
d.
Mengkomunikasikan atau menyajikan hasil karya pada pembaca, teman
sekelas atau audiens, diantaranya melalui langkah-langkah sebagai berikut;
- Karya siswa disampaikan teman sekelas atau kepada orang banyak untuk mendapat masukan
- Bertanya Dengan Teman
- Memunculkan ide- ide baru
- Menempelkan gambar, karya tulis, peta dan sejenisnya di dinding kelas, dinding sekolah, majalah dinding, majalah sekolah
f.
g.
PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL INQUARY
KD; PROSES PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KELAS : 8 C
KETIKA PROSES UNTUK MENEMUKAN SEBUAH MASALAH |
MEMBIMBING SAAT SISWA MENEMUKAN KESULITAN |
SISWA SECARA BERKELOMPOK MELIHAT HASIL KELOMPOK SISWA LAINNNYA |
MEMAJANGKAN HASIL DISKUSINYA UNTUK DIKETAHUI KELOMPOK LAINNNYA
|
MENELITI PEKERJAAN KELOMPOK LAINNNYA SAMBIL MENCATAT PENEMUAN MEREKA |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar