Jumat, 12 Juli 2013

SAYA, MEREKA DAN KENANGAN YANG TERAJUT



Di hari  ketiga,  memasuki bulan Ramadhan yang bersamaan dengan libur panjang sekolah yang hampi selesai, saya mulai membuka buka kembali file yang ada di note book. File yang tentu ada kaitannnya dengan pekerjaan saya nantinya yaitu sebagai GURU , walaupun propesi  ini sudah saya geluti sejak tahun 1985 sejak  gadis sampai  sekarang memiliki cucu,  namun tetap saja setiap tahun ada saja perbedaannnya dan ada saja persiapan yang harus saya perbaiki dan saya tambahkan disana sini.

Saat saya  membuka -buka  file tentang pembelajaran untuk menjadi bahan masukan saya mengajar di tahun 2013/2014 beberapa file menarik saya dan mengajak bernostalgia. FILE yang ada kaitannnya dengan mereka SISWA -SISWAKU,  Ada foto-foto saat proses pembelajaran berlagsung, ada foto dari tugas -tugas yang mereka kerjakan, ada Vidio yang mereka buat dengan hasil yang diluar dugaan saya, ada file makalah mereka yang mereka kirim lewat email, ataupu power point. Ah semuanya menghadirkan sebuah kerinduan dan dan rasa bangga, .bangga dari seorang guru terhadap  siswa- siswanya dan sayapun tidak menyesal GURU menjadi pilihan Karir saya.

Selain File tugas -tugas mereka, ada pula file lainnnya. File catatan harian saya tentang  siswa-siswa yang bermasalah.Kini catatan itupun mengajak  ingatan saya  mengembara ke wajah wajah dari bebarapa siswa. Merekapun memiliki andil dalam karir saya. Karena secara langsung maupun tidak langsung membentuk dan menjadikan saya untuk lebih bijak dalam memahami sebuah kasus,  dari merekalah saya jadi  banyak tahu tentang kehidupan dan menjadi pembelajaran hidup saya namun catatan tentang  ini biarlah menjadi milik saya dan siswa -siswa yang bersangkutan.

FILE  FOTO TUGAS-TUGAS MEREKA DIANTARANYA (Beberapa Contoh )
  • Tugas Perubahan Sosial dalam Bentuk ANIMASI












  • Bentuk POWER POINT



  • TUGAS MEMBUAT VIDIO ( dokumen  bagian dari film dokumenter, Foto-foto tokoh, peristiwa bersejarah, dan suara monolog siswa yang menjelaskan   dengan diberikan nuansa lagu lagu nasional  digabungkankan menjadi sebuah VIDIO perjalanan sejarah  bangsa Indinesia pada tahun 1945-1950






  •  Membuat TEKA TEKI SILANG untuk melatih daya ingat melalui pembuatan dan pertanyaan dalam bentuk TEKA TEKI SILANG


  • Tugas Membuat PETA SEJARAH MEDAN MEDAN PD 2(PERANG DUNIA 2)
    Tugas ini untuk mengakomodir gaya belajar VISUAL dan KINESTETIK








  • Membuat PETA KONSEP dalam catatan ( mempraktekan Quantum Teaching membuat PETA PIKIRAN dengan mengako,modir gaya belajar siswa yang VISUAL melalui penggunaan warna warni dalam catatan mereka 









2 komentar: