Jumat, 03 Januari 2014

KENANGAN TWC HARI KE DUA PART 2




Masih saya akan bercerita tentang twc3 di hari kedua, yang pada postingan sebelumnya belum selesai, karena banyak yang ingin saya ceritakan maka untuk hari kedua saya bagi dua postingan. Tetap dengan judul yang sama KENANGAnD DUNIA PENDIDIKAN ADALAH PANGGILAN HIDUP SAYA, itulah salah satu data yang melengkapi kurikulum vitae Agus Sampurno yang memiliki blog GURU KREATIF itu

. Dia masih muda jauh di bawah saya. Tapi pengalaman dan Kreatifitasnya di dunia pendidikan sangat jauh melebihi saya tentunya. Dan saya bersyukur bisa mendapat ilmunya darinya. Ilmu tentang Kreatifitas.
Pak Agus memulai sesinya dengan tehnik BINGO. Pesrta diberi selembar kertas dan kemudian diperintahkan untuk melipatnya sehingga membentuk Sembilan kotak. Tugas peserta adalah untuk mendapatkan tanda tangan di setiap kotaknya dari peserta lainnnya sesuai dengan kriteria yang terpampang di depan melalui tayangan in focus. Siapa yang lebih dulu penuh dengan tanda tangan dia berteriak BINGO dan mendapatkan hadiah. Sesi ini menarik, karena kami peserta memiliki kesempatan untuk bertanya dan berkomunikasi.

Selanjutnya, MEREKA GURU HEBAT , itulah kesan saya terhadap peserta twc3 saat pak Agus menayangkan buku cerita anak anak dengan be lingual, kami peserta di minta membaca beberapa kalimat secara bergantian, dan suara mereka…….Subhanallah demikian indah dan enak didengar. Intonasi dan iramanya sungguh indah terasa. Tak bosan saya mendengarkannnya. Malah penasaran untuk menunggu peserta lainnnya membacakan. Apakah karena mereka senang menulis sehingga mengantarkan mereka begitu menjiwai ? Entahlah…

Pak Agus dilanjutkan oleh Pak Dedi dalam materi CREATIVE WRITING. Karena hari sudah semakin sore apakah para peserta khusunya saya sudah jenuh dan tak bergairah? TIDAK itulah kehebatan TWC 3 mampu membuat focus kami tetap konstan dari jam ke jam,dari acara ke acara lainnnya. Pak Dedi dengan kesan gaulnya memulai presentasinya dengan menunjukan gambar ikan Sapu sapu dengan ikan Arwana. Nah kita mau seperti ikan sapu sapu atau ikan arwana? Tentu ikan arwana.

 Dan dia memberikan sebuah contoh Om jay yang saat itu duduk di belakang kursi peserta. Selanjutnya dia kemukakan bagaimana trik triknya dan sempat saya catat diantaranya
a. Sediakan waktu mengembangkan diri salah satunya dengan menulis, jangan semua untuk sekolah
b. Kerjakan Hobby dalam hal ini menulis tentunya
c. Publish apa yang kita tulis
d. Bentuk Networking
e. Ulangi lagi
f. Nikmati Hasilnya

Kalau itu semua dilakukan maka kita sebagai guru punya sebuah karya yang di sebut dengan berkelakar oleh pak Dedi “ guru punya sesuatu bo”
Twc3 hari ke dua ditutup oleh info dari team dompet Dhuapa dan memberikan sebuah buku dan sebuah Jurnal pada para peserta. Lengkap sudah kalau tw 3 banjir hadiah setiap sesi ada tiga sampai lima buku dihadiahkan kepada peserta. Entah berapa puluh buku yang dihadiahkan kepada peserta, sebuah trik yang cantik dari panitia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar