Rabu, 25 Maret 2015

REBO NYUNDA


Rebo Nyunda atau Rabu Sunda adalah satu kegiatan mingguan di kota Bandung yang bertujuan untuk melestarikan Budaya Sunda sebagai satu budaya lokal yang berkembang di Jawa Barat kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Rabu  ( id.m.wikipedia.org/wiki/Rebo.Nyunda).

Kalau kota Bandung kegiatan ini sudah berlangsung dari 6 Nopember 2013 lain halnya untuk sekolah di wilayah Cipanas dan sekitarnya baru di laksanakan awal tahun 2015. Terlambat memang, tetapi lebih baik dari pada tidak.



Setiap kebiasaan baru atau tidak biasa tentunya kadang mengundang reaksi. Karena kami ada di lingkungan pendidikan (baca sekolah) reaksi pertama tama muncul dari siswa siswa. Beragam komentar muncul "ih ibu cantik" atau "ibu memang ibu ibu dan bapak guru mau ke undangan?". Namun itu hanya berlangsung pada minggu minggu awal selanjutnya mereka sudah terbiasa dan mereka tentunya belajar bahwa sudah seharusnya Budaya Sunda di lestarikan. Dan dengan seringnya mereka melihat dari contoh Insya Allah akan sedikit banyak menginspirasi mereka.


Lain halnya dengan guru guru pada minggu minggu awal diterapkannya Rebo Nyunda yang merupakan Implementasi dari Peraturan Daerah no 9 tahun 2012 pasal 10 ayat 1b itu setiap istirahat atau sebelum masuk pembelajaran meluangkan waktu untuk mengambil gambar lewat hp dan bisa di terka selanjutnya mengaploud ke Media Sosial, dan itu ternyata dilakukan oleh beberapa sekolah dan dengan judul foto yang sama REBO NYUNDA dan minggu minggu awal beranda facebook ramai dengan foto  guru guru berpakaian kebaya.

Tiga bulan sudah sekolah di lingkungan Cipanas menerapkan Rebo Nyunda.Berpakaian kebaya sudah menjadi terbiasa lagi. Namun kegiatan berfoto sudah jarang dilakukan lagi. Semoga saja tradisi Rebo Nyunda yang baik ini tidak semangat di awal dan selanjutnya berhenti. Namun tetap dilaksanakan. Apalagi untuk lingkungan sekolah yang merupakan lembaga yang berperan sebagai Pewaris Nilai -Nilai Budaya Bangsa dan Rebo Nyunda salah satu  caranya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar